Cara Budidaya Ikan Hias Louhan

Cara Budidaya Ikan Hias Louhan – Taukah kamu ikan hias yang satu ini, yang dahulu pernah popular sekali serta hargannya begitu mahal sekali, tetapi pada sekarang ini ikan louhan telah tak ramai seperti yang dahulu lagi. ikan louhan ini tuturnya ikan yang dapat membawa hoki untuk yang memeliharannya, Asal mula ikan louhan ini mulai di kembang biakan diawali mulai sejak th. 1993. Orang Malaysia terlebih banyak yang kagum pada ikan dengan kepala menonjol, yang di kenal sebagai Karoi atau “kapal perang”, diketemukan dibagian barat negara mereka. Dahi sedikit menonjol serta ekor panjang ikan ini bernilai untuk beberapa peminat orang-orang Taiwan sebagai sinyal pembawa keberuntungan dalam geomansi. Pada th. 1994, iblis merah Cichlid (genus Amphilophus) yang diimpor dari Amerika Tengah ke Malaysia serta hasil hibrida parrot cichlid yang diimpor dari Taiwan ke Malaysia serta di besarkan ikan ini dengan cara berbarengan, menandai kelahiran ikan lou han itu.

Ikan Louhan 2

Pada th. 1995, perkawinan persilangan diselenggarakan selanjutnya dengan Human Face Red God of Fortune, yang membuahkan type baru yang dimaksud Five-Colors God of Fortune. Lantaran warnanya yang indah, ikan ini jadi cepat popular. Penyempurnaaan dengan cara selektif selalu berlanjut sampai th. 1998, saat Seven-Colors Blue Fiery Mouth (yang juga dikatakan sebagai Greenish Gold Tiger) yang diimpor dari Amerika Tengah, serta hasil perkawinan silangnya dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan. Pembelesteran ini pada akhirnya membuahkan generasi awal hibrida flowerhorn Hua Luo Han, yang lalu diikuti dengan perjumpaan flowerhorn selanjutnya.

Berdasar pada macamnya, Ikan Hias Louhan dibagi jadi 6 type :

CHINWA
CENCU
FLY MARKING
GOLDEN BEST
CLASSIC
FREE HEAD

Strategi Pilih Ikan Hias Louhan Yang Berkualitas
1. Tanda-tanda Louhan berkwalitas baik yaitu
2. Sirip atas bawah serta ekor seimbang
3. Bintik hitam tegas dari pangkal ekor hingga insang
4. Lingkaran warna perak keemasan metalik memutari bintik hitam
5. Terlihat bintik mutiara nyaris di semua tubuh
6. Warna basic badan merah cerah serta kuning cerah
7. Sirip serta ekor merekah melebar serta utuh
8. Nongnong di kepala terlihat proporsional
9. Mata merah satu lingkaran penuh

Hal yang butuh memperoleh perhatian spesial dalam pembudidayaan atau pemijahan louhan yaitu kwalitas air yang bakal dipakai sebagai media pemijahan. Sumber air yang bakal dipakai untuk pemijahan bisa datang dariair sumur ataupun air PAM. Bila pemijahan dikerjakan dengan memakai air sumur, baiknya air sumur diendapkan sepanjang 48 jam seblum dipakai. Bila memakai air PAM, baiknya kandungan klorin serta pH air dinetralkan terlebih dulu. Penetralan ini bisa dikerjakan dengan memakai larutan trisulfat 5 ppm.

Pemijahan louhan bisa dikerjakan dalam akuarium atau kolam. Sebagian type perlengkapan yang harus ada pada kolam atau akuarium yaitu seperti berikut :
1. Bak penampungan air
2. Filter
3. Aerator
4. Alat Penampung air
5. Ornament serta bebatuan
6. Lampu UV
Ikan Louhan adalah type ikan yang agresif serta teritorial (menjaga daerah kekuasaannya), hingga ikan ini seringkali berkelahi dengan ikan lain yang diletakkan dalam satu lokasi dengannya. Walau sekian, louhan termasuk juga ikan yang gampang di ternakan. Agar bisa lakukan pemijahan, dibutuhkan louhan betina memiliki ukuran minimum 10 cm serta louhan jantan yang semakin besar.

Ketidaksamaan pada louhan jantan serta betina bisa diliat dari kedekatan genetiknya. Untuk louhan keturunan Cichlasoma trimaculatum, bila pada sirip punggungnya ada bintik hitam jadi louhan itu berjenis kelamin betina. Jika pembedaan dengan cara fisik susah dikerjakan, pembedaan type kelamin bisa dikerjakan lewat cara venting, yakni mencermati organ kelamin louhan yang berkaitan.

Sesudah memperoleh calon induk untuk di pijahkan, tempatkan ke-2 induk itu dalam satu akuarium yang sudah di beri sekat pemisah dari kaca. Maksudnya supaya mereka punya kebiasaan keduanya. Saat louhan betina sudah tunjukkan sinyal tanda bertelur, bebaskan sekat pemisah. Sesudah sekat pemisah dilepaskan, amati tingkah laku ke-2 louhan. Bila keduanya selalu berkelahi, selekasnya pisahkan ke-2 louhan. Usaha penyatuan ke-2 louhan bisa dikerjakan sebagian minggu lalu atau bisa pula ganti pasangannya.

Bila pemijahan sukses, amatilah perilaku ke-2 louhan. Bila ke-2 induk akur serta melindungi telurnya, biarlah mereka tetaplah menyatu. Bila ke-2 induk condong untuk berkelahi, pisahkan induk jantan dari insuk betina supaya induk betina melindungi telur itu. Bila induk betina mengonsumsi telurnya, pisahkan insuk itu dari telurnya.

Langkah Pemeliharaan Louhan Yang Baik

Louhan termasuk juga type ikan yang gampang pemeliharaannya. Dengan standard pemeliharaan ikan biasanya, louhan bisa hidup serta tumbuh dengan baik. Tetapi, louhan bakal makin menarik, bila dalam pemeliharaanya memerhatikan baik-baik.
Pemberian Pakan pada Ikan Louhan

Terkecuali tempat pemeliharaan serta kwalitas air, pemberian pakan juga memengaruhi tampilan louhan. Pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang pas, seimbang bakal membuat cantik tampilan louhan. Pakan louhan ada dua jenis, yakni pakan alami serta pakan buatan.

Pakan alami bisa berbentuk jentik nyamuk (cuk), kutu air, udang, ulat jerman, serta cacing. Lantaran pakan alami kurang higienis, beberapa dicuci atau dibikin bersih dari kuman serta bakteri sebelumnya diberikan pada louhan. Pakan alami bisa bikin warna ikan louhan makin cemerlang.

Sedang pakan buatan bisa berbentuk pelet yang memiliki kandungan hormon ata pelet yang memiliki kandungan spirulina. pelet yang sekian bisa menyebabkan perkembangan warna louhan, hingga louhan jadi lebih cemerlang serta indah.

Pemberian pakan buatan mempercepat perubahan warna louhan. Walau demikian, pemberian pakan buatan yang terlalu berlebih menyebabkan sebagian dampak negatif. Umpamanya timbulnya warna ditempat yg tidak dikehendaki (dibibir serta sirip). Bahkan juga bila over dosis bisa menyerang lever serta menyebabkna kematian oleh karenanya, pemberian pakan yang beragam bakal menanggung kecukupan konsumsi vitamin serta gizi yang dibutuhkan louhan.

Tampilan louhan bakal makin memukau bila di dukung dengan kesehatan yang baik. Louhan bisa terserang beragam penyakit yang bakal kurangi nilai keindahnannya. Penyakit yang umum menyerang louhan diantaranya white spot, mulut bisulan, cacat atau luka, stres, dan kembung serta busuk mulut.

Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan
White spot atau bintik yaitu munculnya bintik putih pada sisik louhan. White spot dikarenakan oleh ada jamur. Jamur ini nampak lantaran buruknya kwalitas air yang dipakai. White spot adalah penyakit yang susah sembuh. Oleh karenanya, sebelumnya louhan terserang white spot, baiknya kwalitas air yang dipakai senantiasa dijaga. Pemberian garam ikan kedalam akuarium juga menolong mencagah timbulnya white spot.

Penyakit Mulut Bisulan Pada Ikan Louhan
Louhan yang terserang mulut bisulan ditandai dengan bengkak merah pada mulutnya. Mulut bisulan bisa berlangsung lantaran serangan Crustaceae (semacam udang), luka infeksi akibat perkelahian, bakteri atau jamur, serta pakan yg tidak pas.

Multu bisulan bisa sembuh lewat cara mengisolasi louhan dalam akuarium spesial. Mulut louhan yang bisulan di beri antibiotik. Sepanjang dalam perawatan, puasakan louhan sepanjang 2-3 hari. Kemudian berikanlah pakan yang bergizi.
Cacat atau Luka Pada Ikan Louhan
Cacat atau luka pada louhan bisa berlangsung lantaran berkelahi dengan ikan lain atau lantaran kwalitas air yang buruk. Oenyakit ini bisa disembukan dengan mengisolasi louhan dalam akuarium spesial serta menyembuhkan luka dengan memakai antibiotik. Sepanjang dalam perawatan, louhan di beri pakan yang bergizi supaya cepat pulih.

Stres Pada Ikan Louhan
Bila warna badan louhan mendadak memudar, muncul belang hitam, jenong kempes, serta kelakuannya pasif, besar kemungkinan louhan itu alami stres. Louhan bisa alami stres lantaran beragam hal. Umpamanya peletakan akuarium yang salah, pakan yang jelek, takut pada musuh, atau sorot lampu serta warna pakaian.

Untuk menangani stres pada louhan bisa dikerjakan banyak hal. Supaya lou han tak stres, akuarium diletkakan 80 cm diatas lantai, louhan di beri pakan yang sesuai sama, dipisahkan dari ikan lain, serta dibiasakan hadapi beragam jenis kondisi supaya tak gampang kaget.

Kembung serta busuk Mulut
Bila perut louhan membengkak serta berwarna merah, peluang louhan terserang penyakit busuk mulut. Penyakit ini bisa muncul lantaran pakan yg tidak higenis. Terkecuali mengakibatkan kembung merah, pakan yg tidak higenis bisa mengakibatkan busuk mulut. Penyakit busuk mulut ditandai dengan bentuk bibir yang membengkak serta jontor.

Ke-2 penyakit itu bisa sembuh lewat cara pemberian obat. Langkahnya louhan diterapi sepanjang 7 hari di air larutan obat antibiotik, antiparasit, serta antijamur. Sepanjang masa therapy louhan tak di beri makan (dipuasakan). Terkecuali cara itu, louhan juga dapt diterapi dengan memakai air hangat serta garam ikan. Sepanjang melakukan therapy ini louhan dipuasakn sepanjang 3 hari.

Demikian atas informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya informasi Cara Budidaya Ikan Hias Louhan ini dapat membantu dan menambah wawasan kalian akan budidaya ikan hias louhan.

Popular Tips : lampu buat ikan louhan