Cara Merawat dan Melatih Burung Hantu Celepuk

Cara Merawat dan Melatih Burung Hantu Celepuk

Cara Merawat dan Melatih Burung Hantu Celepuk – Memelihara burung hantu mungkin sekarang telah menjadi trend di kalangan masyarakat Indonesia. Ada berbagai jenis burung hantu yang dapat di pelihara, akan tetapi yang saya bahas kali ini adalah “Cara Merawat dan Melatih Burung Hantu Celepuk”. Bagi pemula mungkin terasa sangat berat untuk merawat dan melatih burung hantu Celepuk, namun dengan ketelitian dan ketekunan mungkin kalian dapat memelihara burung hantu Celepuk dengan mudah. Berikut “Cara Merawat dan Melatih Burung Hantu Celepuk” :

large

Manning
Sistem membiasakan BOP dengan glove serta handler sebelumnya burung siap untuk dilatih. Cobalah untuk berikan makan dengan tangan segera. Janganlah buat kaget, buat burhan kerap lihat tuannya.

Memandikan
Burung hantu dapat mandi sendiri. Waktu cuaca hujan umumnya burung hantu segera mandi.. namun jika ingin dimandiin juga bisa namun arahin saja burhan ke tempat mandinya ddia kelak lama – lama punya kebiasaan untuk mandi asal janganlah sampai basah kuyup

Weathering
Burung waktu di atas perch baiknya dijemur untuk nikmati cuaca, sekalian ditempat yang ramai sepanjang satu atau dua jam supaya burung tak takut bakal hadirnya manusia.

Makanan serta Kandang
burung hantu apa pun, kecil atau besar, baiknya TIDAK dikandangkan lantaran bakal mengakibatkan kerusakan bulu serta mengganggu sistem manning/training. letakan burung hantu di perch yang besar.

untuk makanan, umunya mereka makan serangga serta hewan-hewan kecil yang lain. klo ingin buat mereka pinter jagan disuapin makannya namun di taruh saja makanannya ditempat makan mereka selalu dorong kepala mereka ke tempat makan namun pelan pelan ya kelak lama-lama dapat kok, minum juga sama dengan itu.

makanan mereka salah satunya :
Serangga :
1. jangkrik (mempunyai banyak protein)
2. cacing putih (mempunyai zat kapur) –disarankan untuk tidaklah terlalu kerap berikan cacing putih
3. kecoa (mempunyai banyak protein)
Biasanya :
1. Tiput (tikus putih)
2. burung emprit
3. daging ayam (mesti yang alami)
4. ikan mas (bergantung habitat)
Latihan Step Pertama

Sebenernya latihannya itu basically sama kaya hewan yang lain yakni di iming-imningi dengan makanan
Tinggal maksudnya apa yang kamu ingin minta ke burhan (Burung hantu) itu. seperti :

1. Tunjukin tangan kamu ke burhan
2. Kasih Aba-aba
3. Tunjukin makanannya

jika sukses, lagi selalu. Sepanjang sistem, diupayakan si burhan dalam kondisi lapar jika tak laper, burhan akan tidak menyikapi perintah kamu. Dalam sistem, si burhan mesti konsentrasi dulu supaya gampang dilatih.

Aba-aba di sini dapat gerakan tangan atau mungkin dengan nada, diupayakan berkelanjutan dengan perintah. Latihan ini mungkin saja sama kaya clicker training buat anjing, jadi si burung mengasosiasikan nada atau gerakan dengan arti. Kaya manusa jika melambai itu artinya ke sini, geleng kepala artinya tak, dst.

Dalam melatih burhan yang utama sabar saja dalam prosesnya. Nah, dalam latihan, kalian harus juga miliki alat-alat/kelengkapannya. Jika tak miliki sarung tangan panjang kulit, dapat juga menggunakan sarung tangan buat orang ngelas. Jika tak, buat sendiri di tukang jahit. Maksud sarung tangan itu sebenernya buat keamanan kita juga si burung.

BOP itu kan predator, semua tubuhnya di ciptakan untuk memburu. Dapat bayangin jika kamu terserang kuku kakinya cocok burhan mendarat di tangan kamu? Sebagai burung, burhan tentu mencengkram alas kaki untuk keseimbangan tubuhnya.

Latihan Step Kedua

Jika kamu ingin melatih burhan mesti memberikannya satu treat (makanan ringan) Terlebih dulu janganlah di beri makanan sekitaran 1/2 harian lantaran kelak cocok latihan kamu dapat mengiming- imingi dengan makanan. Dasarnya : Tak latihan Tidak bisa jatah makan. Begitu burhan akan belajar kalau jika dia lakukan yang kamu minta bakal di beri makanan. Langkah Melatihnya :
Cocok burhan kelaperan, kasih makannanya cocok dia nelen makanannya baru peluitnya ditiup. Awal mungkin saja jarak satu mtr. dahulu lantas lama-lama semakin jauh
Seteleh sebagian lama (dalam kondisi lapar) Cobalah tiup peluit tanpa ada nunjukin makanannya. Jika burhan dateng, itu artinya dia telah tahu apabila sinyal Pluit itu yaitu untuk memperoleh makanan. Jika tak, bermakna burhan hanya dapat berkonsentrasi sama makanannya (Ulangilah dari no 1).
Sesudah step satu serta dua, saat ini cobalah kamu kasih burhan dengan berikan makanan seperti umumnya. Namun waktu cocok jam latian, kasih makanannya 1/2 dari umumnya (step satu serta dua sekalipun tak di beri makan 1/2 hari). Tiup peluit dari tempat tersembunyi. Jika burhan celingukan, bermakna dia telah mulai ikuti perintah anda
Apabila telah semuanya, cobalah kamu kasih dia makanan dengan full. tiup peluit. apabila latihannya sudah sukses, burhan bakal automatis reflek terbang ke arah kamu.
Seiring waktu berjalan, ganti treat (makanan ringan) dengan pujian, elusan, dst..
Peluitnya janganlah yang sangat tinggi resonnya, kasian kupingnya pengan. Burung hantu itu lebih peka sama nada di banding falcon.

Demikian atas informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu kalian untuk merawat burung hantu Celepuk. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Popular Tips :celepukcara melatih celepukcara merawat burung hantu celepukcara memelihara celepukmelatih celepukmelatih burung hantu celepukcara melatih burung hantu celepukcara melatih burung hantucara melatih burung celepukcara jinakin celepuk
Cara Merawat dan Melatih Burung Hantu Celepuk | Rini Marsini | 4.5