Cara Menjaga dan Merawat Benda Peninggalan Sejarah

Cara Menjaga dan Merawat Benda Peninggalan Sejarah – Sebagai seorang pecinta seni pastinya gemar mengkoleksi benda-benda peninggalan sejarah. Seperti halnya pusaka, keris, atau benda peninggalan sejarah lainnya. Sebagai benda peninggalan sejarah pastinya tidak sembarangan untuk merawatnya. Karena kondisi benda yang telah berumur dan rapuh perlu membari perawatan khusus.

Banyak benda-benda peninggalan sejarah terutama di Indonesia. Tidak heran jika banyak masyarakat indonesia yang suka dengan seni pasti memiiki berbagai macam benda-benda peninggalan sejarah. Bagi anda yang ingin tahu cara menjaga dan merawat benda peninggalan sejarah, disini kami akan memberikan informasinya. Berikut Ulasannya.

Cara Menjaga dan Merawat Benda Peninggalan Sejarah

Bangsa Indonesia mempunyai banyak benda-benda peninggalan histori yang menyebar di pelosok Nusantara. Benda-benda itu adalah warisan waktu lampau yang begitu bernilai serta begitu tinggi nilainya. Benda-benda itu jadi punya negara serta punya semua rakyat Indonesia. Sikap kita jadi warga negara yang baik pada benda-benda peninggalan histori diantaranya seperti berikut :

1. Membuat Museum

Museum yaitu satu instansi yang berperan untuk menjaga, pelihara, serta melestarikan segalanya yang sifatnya memiliki kandungan nilai histori. Museum mempunyai pekerjaan menaruh, menjaga, mengamankan serta memakai koleksi museum berbentuk benda cagar budaya. Dengan hal tersebut museum mempunyai dua peranan yakni :

  • Jadi tempat pelestarian, museum mesti melakukan aktivitas jadi beriku : penyimpanan, yang mencakup pengumpulan benda untuk jadi koleksi, pencatatan koleksi, system penomoran serta pengaturan koleksi. Perawatan, yang mencakup aktivitas menghindar serta menanggulangi rusaknya koleksi. Pengamanan, yang mencakup aktivitas perlindungan untuk melindungi koleksi dari masalah atau rusaknya oleh aspek alam serta tingkah manusia.
  • Jadi sumber info, museum melakukan aktivitas pemakaian lewat riset serta penyajian. Riset dikerjakan untuk meningkatkan kebudayaan nasional, ilmu dan pengetahuan serta tehnologi. Penyajian mesti tetaplah memerhatikan segi pelestarian serta pengamanannya.

2. Melindungi serta Merawat

Melindungi serta menjaga beberapa daerah cagar budaya serta benda bersejarah bisa dikerjakan oleh semuanya warga negara. Di daerah cagar budaya umumnya ada banyak benda-benda peninggalan histori. Pekerjaan kita yaitu ikut melindungi supaya benda-benda peninggalan histori tidak dirusak. Benda-benda peninggalan histori mesti diamankan dari tangan-tangan jahil. Kita juga tidak bisa mencorat-coret, karna akan mengakibatkan kerusakan peninggalan histori itu. Pemerintah harus juga dapat sediakan biaya yang cukup untuk aktivitas perawatan daerah cagar budaya. Jangan pernah, benda-benda histori itu telantar karna minimnya biaya perawatan.

3. Berkunjung ke beberapa tempat peninggalan sejarah

Berkunjung ke museum termasuk juga satu diantara cara menghormati peninggalan histori. Kita dapat berkunjung ke peninggalan histori yang lain, umpamanya candi, makam pahlawan, monumen, serta istana. Dengan berkunjung ke peninggalan histori itu, terkecuali kita bisa nikmati keindahan dari peninggalan histori, kita dapat juga pelajari benda-benda peninggalan histori itu. Dengan pelajari peningalan histori kita akan makin menyukai peninggalan leluhur kita itu.

4. Memakai benda-benda peninggalan histori dengan benar

Benda-benda peninggalan histori yaitu kekayaan negara yang butuh dijaga kelestariannya. Saat kita berkunjung ke museum atau peninggalan histori yang lain. Benda-benda itu bisa dipakai untuk kepentingan riset. Benda-benda peninggalan histori saat dipakai untuk objek riset mesti tetaplah dijaga kelestarianya. Untuk melindungi kelestariannya bisa dikerjakan lewat cara memakai benda itu dengan baik serta benar. Saat telah usai memakaiya mesti dikembalikan ke tempat awal mulanya. Cermati juga beberapa ketentuan yang berada di museum, umumnya benda peninggalan histori telah dalam kondisi rapuh hingga kita tidak bisa memegang benda-benda itu dengan asal-asalan.

Siapa juga yang temukan benda-benda peninggalan histori harus melaporkannya pada pihak yang berwajib, seperti polisi, petugas museum, dsb. Benda bersejarah yaitu punya negara serta tidak bisa dipunyai dengan perseorangan. Oleh karenanya kita tidak bisa memakainya untuk kebutuhan pribadi. Umpamanya, kita tidak bisa memperjualbelikan benda-benda peninggalan histori. Semua bentuk jual beli benda-benda peninggalan histori tidak mematuhi hukum. Untuk aktornya bisa dituntut di pengadilan, bahkan juga bisa dipenjara.

Popular Tips : cara melestarikan peninggalan sejarah cara menjaga dan merawat cagar budaya daerah cara merawat peninggalan sejarah di museum